Berikut Ini Cara Mengaktifkan WhatsApp Dark Mode

Aktifin Whatsapp Dark Mode

Baru-baru ini WhatsApp telah mengumumkan ketersediaan fitur mode gelap atau dark mode pada aplikasinya. Walau demikian, ada sejumlah pengguna WhatsApp di Indonesia yang melaporkan bahwa belum mendapat update atau fitur dark mode tersebut. Dalam keterangannya, memang WhatsApp menyebutkan bahwa penyebaran fitur baru ini akan dilakukan secara bertahap. Pada hari Kamis (5/3/2020), fitur dark mode WhatsApp akhirnya menyambangi Indonesia. 

Dalam hal ini, WhatsApp sudah mendapat pembaruan. Dalam keterangan aplikasi disebutkan bahwa salah satu fitur terbaru dalam pembaruan tersebut adalah dark mode. Untuk versi Android, WhatsApp yang memiliki pilihan tema antarmuka serba gelap ini adalah versi 2.20.64, sedangkan untuk iOS versi 2.20.30.

Dark mode ini merupakan fitur yang sangat ditunggu-tunggu oleh para pengguna WhatsApp sejak lama. Hal ini dikarenakan selain tampilan gelap yang diklaim bisa membuat layar ponsel tidak memakan daya berlebih. Bukan hanya itu, tampilan antarmuka hitam juga bisa mengurangi ketegangan mata di lingkungan yang minim cahaya. 

Bagi kamu yang penasaran ingin langsung menikmati sensasi dark mode di aplikasi WhatsApp, kamu bisa langsung memperbarui aplikasi Chatting ini dengan mengunjungi tautan berikut ini untuk Android atau berikut ini untuk iOS. Lalu bagaimana cara aktifkan WhatsApp dark mode ini?

Cara Mengaktifkan Dark Mode WhatsApp
Setelah memasang pembaruan, kamu bisa langsung mengaktifkan fitur ini melalui menu pengaturan, tepatnya di menu “Setting” > “Chats” > dan “Theme”. Caranya hampir mirip dengan menyetel pengaturan pemindai sidik jari di dalam ponsel. Lalu, pengguna akan diminta memilih fitur keamanan lain sebelum mendaftarkan sidik jarinya, yaitu dengan memilih fitur keamanan pola, PIN, atau password. 

Sesudah mendaftarkan pola, PIN, atau password, barulah pengguna akan diminta untuk mendaftarkan sidik jari yang akan digunakan guna membuka WhatsApp. Nanti akan ada pilihan jeda waktu untuk mengunci WhatsApp. Pilihan waktu yang tersedia adalah sesegera mungkin sesudah aplikasi WhatsApp ditutup, satu menit, hingga 30 menit. Selain itu, pengguna pun dapat mengatur lebih lanjut apakah isi chat baru yang masuk bersamaan dengan notifikasi masih bisa terbaca atau tidak. Dengan begitu, tingkat keamanan WhatsApp dari para hacker akan terminimalisir. 

Perlu kamu ingat, walaupun nampak aman dan hanya pemiliknya saja yang bisa membukan WhatsApp, namun aplikasi tersebut tidak akan meminta verifikasi sidik jari dalam beberapa kondisi. Misalnya, kamu yang mengaktifkan fitur “quick reply” masih bisa membalas pesan via notifikasi tanpa perlu membuka platform WhatsApp. Lalu, jika ada panggilan WhatsApp masuk, kamu juga bisa langsung menjawabnya tanpa harus membuka WhatsApp dengan sidik jari. 

Manfaat Dark Mode WhatsApp
Adapun manfaat dari dark mode WhatsApp ini adalah sebagai berikut :

1. Mengurangi Ketegangan Pada Mata
Manfaat dark mode WhatsApp yang pertama adalah dapat mengurangi ketegangan pada mata. Dimana, dark mode akan menyesuaikan tampilan latar belakang WhatsApp menjadi lebih gelap, dengan demikian mata kamu tidak akan terlalu tegang saat melihat layar ponsel terutama pada malam hari.

2. Menghemat Baterai
Manfaat mode dark WhatsApp berikutnya adalah dapat menghemat baterai. Saat dark mode diaktifkan, maka layar ponsel tidak memancarkan cahaya cerah. Selain itu, penghematan baterai lebih banyak ketika digunakan pada perangkat yang memiliki layar AMOLED karena piksel yang menampilkan warna lebih hitam.

3. Tampilan Lebih Elegan
Manfaat dark mode WhatsApp terakhir adalah tampilan lebih elegan. Penggunaan latar belakang warna hitam akan membuat desain lebih kokoh dan sempurna.

Posting Komentar

0 Komentar