Menilik Tugas dan Subspesialis Dokter Spesialis Penyakit Dalam di Tangerang

Dokter

Gelar dokter spesialis penyakit dalam diberikan kepada dokter yang sudah menempuh dan menyelesaikan Program Pendidikan Spesialisasi Ilmu Penyakit Dalam. Ilmu penyakit dalam merupakan ilmu kedokteran yang menangani orang dewasa dan lansia, meliputi penyakit non-bedah, mencakup hampir seluruh tubuh manusia dengan berbagai keluhan dan gejala penyakit. Biasanya seseorang menemui dokter spesialis penyakit dalam berdasarkan rujukan dari dokter umum terkait gejala yang dialami. Salah satu tempat yang bisa dikunjungi yaitu dokter spesialis penyakit dalam di Tangerang.

Peran dan tugas dokter umum dan spesialis penyakit dalam berbeda. Untuk dokter spesialis penyakit dalam memiliki peran dan tugas mendiagnosis dan menangani penyakit orang dewasa dan lansia baik akut atau kronis melalui tindakan non-bedah, memberikan rekomendasi perawatan penyakit yang diderita pasien dewasa dan lansia serta memberikan pemahaman tentang kesehatan secara umum kepada pasien mencakup cara menjaga kesehatan dan pencegahan penyakit.

Bidang ilmu penyakit dalam terbagi menjadi beberapa subspesialis. Masing-masing dokter subspesialis penyakit dalam akan menangani penyakit sesuai dengan bidang keilmuwannya, yaitu:

1. Alergi-Imunologi klinik (Sp. PD-KAI), memiliki keahlian khusus menangani berbagai penyakit akibat alergi dan gangguan imunitas. Diantaranya yaitu reaksi anafilaksis, asma, rinitas alergi, urtikaria atau biduran, alergi makanan, obat-obatan, penyakit imunologi paru dan lain sebagainya.
2. Nefrologi: Ginjal-Hipetensi (Sp. PD-KGH), merupakan dokter khusus yang menangani masalah kesehatan yang terkait dengan ginjal, tekanan darah tinggi dan ketidakseimbangan cairan serta mineral dalam tubuh. Penyakit yang menyerang diantaranya yaitu gagal ginjal kronis, gagal ginjal akut, hipertensi, infeksi saluran kemih, batu ginjal dan lain sebagainya.
3. Gastroenterology-Hepatologi (Sp. PD-KGEH), subspesialis ini bertugas menangani masalah pada sistem pencernaan meliputi lambung, pancreas, usus, hati, dan kantong empedu. Beberapa penyakit lain yang juga ditangani adalah perlemakan hati, gagal hati, akalasia esophagus, hernia, pankreatitis, penyakit radang usus, konstipasi, kanker saluran cerna seperti kanker kolorektal dan beberapa penyakit lainnya.
4. Geriatri (Sp. PD-KGer), dokter spesialis penyakit dalam konsultan geriatri bertugas menangani berbagai keluhan dan masalah kesehatan pada orang lanjut usia atau lansia seperti sindrom geriatri, malnutrisi pada lansia, gagal jantung, disfungsi seksual, demensia, gangguan tidur, hipertensi, infeksi saluran kemih, osteoporosis, diabetes dan penyakit lainnya.
5. Hematologi-Onkologi Medik (Sp. PD-KHOM), dokter dengan subspesialis tersebut mengemban tugas dalam menangani berbagai masalah kesehatan yang berhubungan dengan darah, orgam limpa dan berbagai jenis kanker. Beberapa penyakit lainnya yaitu hemofilia, limfoma, kelainan sumsum tulang, melanoma, sarcoma, leukemia, dan penyakit lainnya.
6. Kardiovaskular (Sp. PD-KKV), mendiagnosis dan memberikan pengobatan seperti penyakit jantung, henti jantung, gangguan irama jantung, tumor jantung, kelainan pembuluh darah dan lainnya.
7. Endokrin-Metabolik Diabetes (Sp. PD-KEMD), menangani berbagai masalah sistem endokrin dan kelainan metabolik. Masalah kesehatan yang ditangani yaitu gangguan hormon, obesitas, gangguan tiroid dan jenis penyakit lainnya.
8. Pulmonologi (Sp. PD-KP), menangani keluhan dan pengobatan penyakit sistem pernapasan. Beberapa penyakit yang ditangani pulmonology yaitu tuberculosis paru, pneumonia, kanker paru, bronkitis, gagal napas, emboli paru dan penyakit lainnya terkait pernapasan.
9. Reumatologi (Sp. PD-KR), memiliki keahlian khusus menangani berbagai masalah penyakit sendi, otot, tulang, jaringan penyambung tendon.
10. Psikosomatik (Sp. PD-KPsi), menangani berbagai gangguan kecemasan, disfungsi ereksi dan lainnya.
11. Tropik-Infeksi (Sp. PD-KPTI), fokus menangani infeksi menular yang disebabkan jamur, virus, bakteri atau parasit. Penyakit yang ditangani malaria, infeksi, tetanus dan sebagainya.

Semoga penjelasan subspesialis penyakit dalam dapat bermanfaat. Apabila Anda harus mengunjungi, Anda bisa menemui dokter spesialis penyakit dalam di Tangerang.

Posting Komentar

0 Komentar