Tips Menghemat Uang Belanja Bagi Ibu Rumah Tangga

Voucher MAP

Dalam sebuah keluarga, peran ibu rumah tangga sangat penting. Seorang ibu rumah tangga harus pintar dalam mengatur keuangan. Bagi ibu rumah tangga yang suka belanja dan ingin hemat, alangkah baiknya untuk memanfatkan voucher map dengan cara membelinya melalui Blibli.com

Voucher map memiliki banyak kegunaan saat berbelanja, dan voucher ini juga bisa digunakan di berbagai merchant, mulai dari department store, sport, fahion, kids, supermarket, hingga food & beverage.

Dan kabar baiknya lagi, dengan Voucher map ini kamu bisa mendapatkan diskon khusus. Dan apabila kamu ingi lebih untung lagi, kamu bisa segara membeli Voucher map di Blibli.com saat ada promo. Maka dari itu, selalu cek situs Blibli.com untuk mendapatkan promo menarik.

Bagi seorang ibu tentunya berbelanja merupakan kegiatan wajib yang harus dilakukan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga. Selain belanja dengan Voucher map, ada beberapa hal yang harus dilakukan ibu rumah tangga agar tidak mengalami over budget.

Membuat List Belanja
Cara paling awal agar kamu dapat berhemat saat berbelanja adalah membuat list belanjaan yang dibutuhkan. Tanpa membuat daftar belanja kamu akan kesulitan dalam mengingat barang apa yang dibutuhkan atau ingin dibeli dan malah biasanya akan membaut kamu membeli barang yang kurang penting untuk dibeli.

selain itu, kamu juga bisa lebih menghemat waktu karena dapat langsung pergi ke koridor dari barang yang dibutuhkan tanpa perlu lama untuk berpikir. Namun, jika lokasi barang yang kamu cari sudah diubah harus tetap ikuti list barang yang sudah ditulis, jangan sampai tergoda untuk membeli barang yang tidak kamu butuhkan.

Manfaatkan Promo dengan Baik
Beberapa toko pasti sering sekali mengadakan promo, diskon, atau cashback. Oleh karena itu, jangan malu untuk menggunakan kesempatan mendapatkan harga yang lebih murah. Kartu kredit juga biasanya memberikan potongan harga bagi nasabahnya, namun harus digunakan dengan tepat ya. Tidak ada salahnya untuk memakai promo-promo yang ada, malah hal itu akan membuat pengeluaran kamu lebih hemat.

Prioritaskan membeli barang yang dibutuhkan
Hal lain yang membuat pengeluaran boros yaitu tidak bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Kebutuhan yang menjadi prioritas belum terbeli, kamu sudah membeli barang-barang lain yang kamu inginkan.

Maka dari itu, ketika kamu membuat daftar belanja, sebaiknya tulis di posisi paling atas semua kebutuhan yang kamu anggap penting terlebih dahulu. Setelah itu barulah menulis kebutuhan lain yang tidak terlalu penting.

Selain itu ketika kamu sedang berbelanja, jangan sampai kamu tergoda untuk membeli barang-barang yang tidak penting. Terkecuali jika ada sisa uang belanja di akhir bulan, kamu bisa menggunakannya untuk membeli barang yang kamu inginkan. Lebih bagus lagi jika disimpan agar tabungan kamu semakin banyak.

Jangan Membawa Keluarga
Ini hal yang juga sangat penting karena jika kita membawa anggota keluarga saat berbelanja maka akan menjadi sebuah distraction sehingga waktu belanja kamu akan menjadi lebih lama. Belum lagi jika membawa anak, pasti mereka sering tergoda untuk membeli sesuatu atau saat di kasir ditawarkan produk yang dia suka.

Simpan nota pembelian
Agar pengeluaran kamu setiap bulan terkontrol dengan baik, cobalah untuk menyimpan bon atau nota pembelian. Tujuannya agar kamu bisa membandingkan harga bulan ini dengan bulan berikutnya. Apakah mengalami kenaikan atau sebaliknya.

Disamping itu, nota pembelian sangat berguna ketika kamu sedang berburu barang diskon. Semisal harga diskon sangat murah dibanding harga normal maka kamu bisa membelinya bahkan dua sekaligus sehingga bisa kamu simpan untuk bulan berikutnya.

Posting Komentar

0 Komentar